Dasar Sistem Komputer
- Satuan Data
- Penyajian Informasi
- Komponen Sistem Komputer
- CPU
- Memory Internal
- Perkembangan Komputer di Masa Mendatang
- Satuan Data terkecil dalam komputer adalah bit.
- Satuan terkecil untuk menggambarkan ukuran memori adalah Byte.
- Kadang juga digunakan satuan dalam bit per detik (bps = bit per second)
Satuan Waktu dan Frekuensi
Sistem Pengkodean Karakter
§ Terdapat Beberapa
jenis sistem pengkodean karakter
§ Tiga yang paling
populer adalah:
1. ASCII
§ ASCII (American Standard Code for Information
interchange) dikembangkan untuk ANSI (American
National Standards Institue).
§ Pada awalnya
menggunakan 7-bit untuk menyatakan sebuah kode.
§ Belakangan ASCII
dikembangan dengan menggunakan 8-bit.
2. EBDIC
§ EBCDIC (Extended binary Coded Decimal Interchange
code) dibuat IBM pada tahun 1950-an dengan menggunakan 8-bit untuk setiap
code.
§ Pertama kali digunakan
pada IBM System/360.
§ Standar ini diterapkan
pada komputer mainframe.
Contoh karakter pada EBCDIC & ASCII
3. Unicode
Sistem Bilangan
§ Komputer digital hanya
mengenal dua kondisi yaitu "on" dan "off" atau dinyatakan
dengan bilangan 0 dan 1.
§ Jadi semua data maupun
instruksi harus diubah menjadi bentuk 0 dan 1 (biner) agar dapat diolah oleh
komputer.
§ Jadi nantinya semua
basis bilangan harus dapat dikonversi ke basis biner.
Representasi
Bilangan
§ Membahas tinjauan
secara software dan hardware bagaimana sistem bilangan disimpan dalam memory
dan ditampilkan.
§ Tiga sistem bilangan:
o
Bilangan bulat positif (unsigned Integer)
o
Bilangan bulat negatif (signed Integer)
o
Bilangan pecahan (floating point)
Bilangan
Bulat Tak-Bertanda (insigned integer)
§ Tipe bilangan ini
tidak mengenal bilangan negatif atau pecahan.
§ Faktor bobot merupakan
basis dari sistem bilangan dengan besar pangkatnya ditentukan oleh posisinya.
§ Bilangan desimal
mempunyai 10 anggota {0,1,2,3,4,5,6,7,8,9}.
§ 1983 = 1 • 103 + 9 • 102 + 8 • 101 + 3 • 100
Bilangan
Bulat Bertanda (Sign-Magnitude)
§ Sign-magnitude, dengan menambahkan tanda "+"
atau "_" didetpan magnitude bilangan tersebut (biasanya tanda + boleh
tidak ditulis).
§ Pada metoda komplemen
bilangan negatif dapat di pandang sebagai bilangan positif yang dikurangi
fungsi dari bilangan dasarnya (radixnya).
Bilangan Bulat Bertanda (Sign-magnitude)
§ Sebagai contoh,
misalkan kita ingin menampilkan suatu bilangan desimal pada rentang [-4999,
+5000].
§ Bilangan negatif -2348
akan disajikan oleh S = ( 10000 + (-2348) ) = 7652.
Bilangan Floating-Point
- Pada bilangan bulat (integer) baik yang bertanda maupun yang tidak, letak titik radiks (titik desimal pada bilangan desimal) selalu berada pada bagian kanan dari angka bobot terkecil (Least Significant Bit = LSB).
- Komputer juga mengenal bilangan-bilangan yang mempunyai komponen pecahan (fractional) atau angka di belakang titik pada bilangan desimal.
Bilangan Floating-Point
- Pada tipe bilangan ini, titik radiks dapat diletakkan di sembarang posisi dari angka-angka dalam bilangan tersebut, sehingga seakan-akan dapat mengambang (float).
- Cara penulisan bilangan floating-point , misal suatu bilangan S dalam basis B, dapat ditulis sebagai :
S = 0.s-1 s-2 . . . s-n X BE
Pentium Evolution
n 8080
¨ first
general purpose microprocessor
¨ 8
bit data path
¨ Used
in first personal computer – Altair
n 8086
¨ much
more powerful
¨ 16
bit
¨ instruction
cache, prefetch few instructions
¨ 8088
(8 bit external bus) used in first IBM PC
n 80286
¨ 16
Mbyte memory addressable
¨ up
from 1Mb
n 80386
¨ 32
bit
¨ Support
for multitasking
n 80486
¨ sophisticated
powerful cache and instruction pipelining
¨ built
in maths co-processor
n Pentium
¨ Superscalar
¨ Multiple
instructions executed in parallel
n Pentium
Pro
¨ Increased
superscalar organization
¨ Aggressive
register renaming
¨ branch
prediction
¨ data
flow analysis
¨ speculative
execution
n Pentium
II
¨ MMX
technology
¨ graphics,
video & audio processing
n Pentium
III
¨ Additional
floating point instructions for 3D graphics
n Pentium
4
¨ Note
Arabic rather than Roman numerals
¨ Further
floating point and multimedia enhancements
n Itanium
¨ 64
bit
Kecenderungan
Teknologi Komputer modern
CPU
Bagian sistem
komputer yang bertugas mengeksekusi program.
Komponen utama
CPU:
(1) ALU (Arithmetic and Logic Unit)
Mengerjakan
operasi operasi aritmatik dan operasi operasi Aritmatik: add, subtract,
multiply, divide,...
Logika
: AND, OR, NOT, Shift, ...
terhadap data.
(2)
Control unit
Mengendalikan seluruh operasi didalam
komputer, dengan
-
Menginterpretasikan instruksi instruksi (yang terdapat
dalam program),
-
Membangkitkan sinyal sinyal kendali untuk
mengendalikan aktifitas komponen komponen sistem komputer (untuk melaksanakan/eksekusi
instruksi)
(Main)
Memory Unit
Bagian komputer
untuk menyimpan program dan data yang sedang
atau siap dieksekusi oleh CPU.
Jenis : - Random Access memory (RAM)
- Read Only Memory (ROM)
Komentar
Posting Komentar