Langsung ke konten utama

Proposal KKN -PPM POSDAYA



PROPOSAL
KKN-PPM POSDAYA
UNIVERSITAS YUDHARTA PASURUAN
DI DESA TEJOWANGI, KEC. PURWOSARI, KAB. PASURUAN


 
 



 
Dosen Pendamping Lapangan (DPL) :
Nuraeni S.Sos, M.Ab


Anggota :
1.
Bagus Satria Wibowo
2010.69.04.0054
2.
Abd. Ghalib
2010.86.02.0001
3.
Irwanto
2009.69.01.0006
4.
Agus Setiawan
2010.69.10.0018
5.
Moch. Firman Arif
2010.69.04.0011
6.
Siti Kholidatur Rochman
2010.69.10.0006
7.
Ike Nur Jannah
2010.86.02.0006
8.
Yanti
2010.86.22.0001
9.
Novita Roikhatul Amalia
2010.69.10.0025
10.
Husnul Khotimah
2010.69.04.0004




KKN-PPM POS PEMBERDAYAAN KELUARGA (POSDAYA)
UNIVERSITAS YUDHARTA PASURUAN
TAHUN 2013

LEMBAR PENGESAHAN
PROGRAM
Perjalanan Tiga Puluh Hari menuju Desa yang Terstruktur, Mandiri, dan Agamis”
KKN PPM TEMATIK POSDAYA
KELOMPOK 3 DI DESA TEJOWANGI KECAMATAN PURWOSARI



PASURUAN, 11 Juni 2013

DPL KELOMPOK


(NURAENI, S.Sos, M.Ab)

KETUA KELOMPOK


(IRWANTO)

Mengetahui

KEPADA DESA


(…………………………….)

KEPALA LPPM


(Drs. Syafullsh, M.Pd)





KATA PENGANTAR

Puji syukur Alhamdulillah Kami panjatkan puji kepada Allah SWT. Karena berkah dan hidayah-Nya,maka Kami dapat menyelesaikan Proposal Pengajuan Kulia Kerja Nyata (KKN-PPM) Posdaya di Desa Tejowangi Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan.

Dalam menyelesaikan Proposal ini kami tidak lepas dari bantuan dan bimbingan banyak pihak.Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepda semua pihak yang terlibat.

Kami menyadari masih banyak kekurangan dalam penulisan propasal ini .Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan penyusunan proposal dimasa mendatang.

Akhirnya kami mengucapkan banyak terimah kasih kepada semua pihak yang terlibat dan atas kerjasamanya dalam berperan penyelesaian pembuatan proposal.


Pasuruan, 11 Juni 2013


BAB 1
PENDAHULUAN
A.        Nama Kegiatan
Perjalanan Tiga Puluh Hari menuju Desa yang Terstruktur, Mandiri, dan Agamis”

B.         Latar Belakang
Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu bagian dari sistem pendidikan tinggi yang menempatkan mahasiswa diluar kampus agar dapat hidup ditengah tengah masyarakat bersama masyarakat untuk membantu dan mendampingi masyarakat memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM).
Kegiatan mahasiswa yang dilaksanakan dalam rangka menyelesaikan pendidikan tinggi melalui proses pembelajaran dengan cara tinggal, bergaul serta beradaptasi dengan masyarakat. Menyatukan mahasiswa dengan dosen dengan masyarakat sekaligus merupakan kesempatan untuk menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya kerja keras sarta cerdas.
KKN-PPM POSDAYA merupakan salah satu jenis  KKN tematik yang bertujuan membentuk, membina dan mengembangkan Posdaya sebagai terobosan baru dalam pemberdayaan masyarakat, melalui pemanfaatan potensi SDM dan SDA lokal.
KKN-PPM POSDAYA membantu, membentuk, mengisi dan mengembangkan lembaga posdaya di desa secara sistematis. Posdaya yang di bentuk merupakan wadah bagi keluarga dan masyarakat untuk bersama-sama mengatasi permasalahan yang di hadapi dalam bidang kewirausahaan, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan.
Terletak di Jawa Timur, Kabupaten Pasuruanm, Kecamatan Purwosari, khususnya di Dusun Kwangen yang secara admisistratif terpampang di wilayah Kelurahan Tejowangi. Lingkungan ini secara geografis di batasi oleh :
a.      Sebelah Selatan  : Desa Capang Kec. Purwodadi
b.      Sebelah utara      : Desa Tambak Watu Kec. Purwosari
c.      Sebelah Barat      : Desa Purwosari Kec. Purwosari
d.      Sebelah Timur    : Desa Sekarmojo Kec. Purwosari
Secara keseluruhan, lingkungan ini terdiri dari 6 RT, yaitu RT 1 s/d 6. Serta didukung oleh kondisi tanah yang baik, masyarakatnya lebih banyak bercocok tanam dan pekerja pabrik.


a.      Fokus Permasalahan
Desa tejowangi tersebut memiliki cukup banyak sumber daya alam yang bias mereka manfaatkan seagai sumber pencaharian. Akan tetapi masyarakat masih kurang mampu dalam pengelolahannya. Ter dapat beberapa masalah atau keurangan dalam desa tersebut diantaranya :
1.      Sumber daya alam yang kurang dimanfaatkan
2.      Kegiatan desa yang tidak berjalan, yang seharusnya dapat menjadi sebagai sarana dalam pengembangan desa tersebut.
3.      Kurangnya kreatifitas masarakat dalam pengelolahan SDA yang tersedia karena mereka terlalu mengandalkan perusahaan yang berdiri di sekitar mereka.
Struktur desa atau pendataan (database) desa yang kurang efisien karena mereka masih belum mengelompokkan data-data tersebut secara rapi. Data yang mereka punya masih berupa tumpukan surat kartu keluarga (KK), sehingga untuk mengetahui jumlah masyarakat yang sudah bekerja atau menganggur masih sulit, masih melalui pencarian manual dari tumpukan berkas surat kartu keluarga (KK) tersebut.

b.       Data Pendukung Baik Kuantitatif/Kualitatif)
1.      Rekapitulasi data penduduk setempat
2.      Hasil wawancara dengan perangkat desa dan masyarakat setempat

c.    Urgensi Masalah Sebagai Dasar Prioritas Pemberdayaan, Pembinaan, dann Pendampingan
1.      Kurang validnya data administrasi desa yang disebabkan kurang terkomputerisasinya proses penginputan data.
2.      Kurangnya sumber daya manusia yang memadai sehingga kurang bisa memanfaatkan sumber daya alam yang ada di lingkungan tersebut.

d.   Alternative Solutif Yang Tepat Dalam Bentuk Kegiatan Uang Diajukan
1.      Melakukan penyuluhan tentang kewirausahaan
2.      Mengadakan les keterampikan computer

C.        INDIKATOR KETERCAPAIAN (KUALITATIF/KUANTITATIF)
1.      Masyarakat mampu berwirausaha secara mandiri dan meengurangi tingkat pengangguran di desa terkait.
2.      Berjalannya kembali kegiatan desa yang vacuum.


D.        TUJUAN DAN MANFAAT
1.         Tujuan
a.       Meningkatkan kepedulian dan kemampuan mahasiswa mempelajari dan mengatasi permasalahan keluarga dan penduduk melalui bantuan penyusunan rencana dan pendampingan pada pelaksanaan program yang inovatif dan kreatif melalui penerapan ilmu teknologi bersama masyarakat dan lembaga pedesaan.
b.      Meningkatkan kemampuan mahasiswa melaksanakan kegiatan pengembangan masyarakat sesuai kompetensi, potensi, sumberdaya dan kemampuan lingkungan dalam wadah kerjasama masyarakat, pemerintah, swasta, dan lembaga lainnya.
c.       Menggalang komitmen, kepedulian dan kerjasama berbagai stakeholders ( Pemda, swasta, LSM dan masyarakat ) dalam upaya pengentasan kemiskinan, kelaparan, mengatasi permasalahan dan ketidak berdayaan penduduk dan keluarga lainnya.
d.      Membantu mempersiapkan keluarga dan masyarakat agar memiliki kemampuan untuk memanfaatkan fasilitas dan dukungan yang diberikan oleh mitra kerja pembangunan ( Pemda, lembaga swasta dan LSM ) dalam perencanaan dan pengelolahan program yang bersifat partisipatif.
e.       Meningkatkan kemampuan dan kompetisi mahasiswa sesuai dengan bidang studi yang ditekuni.
2.      Manfaat
a.      Agar mahasiswa berguna di lingkungan sesuai dengan disiplin ilmu yang diterima dalam perkuliahan.
b.      Mempereret rasa persaudaraan, persaatuan dan kesatuan serta rasa memiliki antara mahasiswa dan masyarakat.
c.      Mewujudkan mahasiswa yang peduli dan tanggap akan masalah yang dihadapi masyarakat.
d.     Mendidik mahasiswa agar mempunyai kepekaan sosial yang tinggi terhadap masyarakat.




BAB 2
WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
A.     Waktu Kegiatan
Kegiatan KKN-PPM POSDAYA ini akan dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan sesuai kalender akademik perkulihan Universitas Yudharta Pasuruan yaitu mulai tanggal 17 Juni 2013 – 17 Juli 2013.

B.     Tempat Kegiatan
Kegiatan KKN  TEMATIK POSDAYA ini dilaksanakan di Desa Tejowangi Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Desa Tejowangi merupaka salah satu bagian dari wilayah kecamatan Purwosari yang terletak di bagian timur dari pemerintahan kecamatan Purwosari. Luas wilayah kecamatan 60,70 Km2 (6.270.459ha)  dengan jumlah penduduk dengan keseluruhan 4839 jiwa. Kondisi geografis desa Tejowangi kurang stategis sebagai pendukung Kota utama di Pasuruan yaitu dengan ketinggian tanah dari permukaan laut +- 354 m curah hujan 2000-4000 mm suhu rata2 29 – 32 c.

C.           Profil Desa
Desa tejo wangi adalah salah satu desa yang berada dan termasuk dalam kecamatan purwosari. Kecaatan purwosari terletak disebelah selatan kabupaten Pasuruann dengan luas wilayah kecamatan 60,70 Km2 (6.270.459) yang memiliki 14 desa dan 1 kelurahan dengan pembagian wilayah yang terkecil terdiri dari 64 dusun. Dari 14 desa tersebut desa tejowangi terdiri dari 5 dusun.
desa tejowangi tersebut terglong desa yang memiliki tingkat kesuburan tanah yang kurang baik sehingga agak sulit untuk dibuat bertani. Kebanyaan masyarakat desa tersebut ermata pencaharian sebagai buruh tani dan buruh pabrik. Terlebih lagi di sekitar desa tersebut terdapat cukup banyak perusahaan yang berdiri sehingga mayoritas masyarakat desa tersebut mengandalkan perusahaan tersebut sebagai sumber pencaharian mereka. Untuk varian kehutanan terdapat potensi kayu perkakas yang bias dijadikan meuble dan kayu bakaar dan kayu seperti koi, pinus, minyak kayu utih, daun meurbi dan kayu randu.
Di desa Tejowangi terdapat pembudidayaan jamur yang bias dijadikan sebagai sumber mata pencaharian warga tersebut. Akan tetapi masih kurang maksimal dalam pengelolahannya dan masih bias lebih dimaksimalkan.
BAB 3
TARGET DAN SASARAN
A.     Target
Target dari kegiatan ini adalah seluruh warga Desa Klurak
1.     Bidang Pendidikan           : Masyarakat sadar akan arti pentingnya pendidikan
2.     Bidang Ekonomi               : Menanggulangi kemiskinan dengan memberikan
keterampilan yang dapat mendatangkan income/ pendapatan tambahan bagi masyarakat.
3.     Kesehatan                          : Masyarakat dapat menyadari pentingnya arti sehat.
4.     Lingkungan                       : Masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan
lingkungan

B.     Sasaran
Adapun sasaran kegiatan KKN POSDAYA ini adalah warga masyarakat usia TK sampai SMA, Remaja atau Karangtaruna, orang tua, dan masyarakat pada umumnya yang ada di kelurahan Klurak Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo.

BAB 4
BENTUK KEGIATAN KKN
Aspek Ekonomi :
a.     Mengajarkan ketrampilan kepada ibu – ibu
b.     Pengelolahan hasil budi daya jamur yang ada di masyarakat.
Aspek Pendidikan :
c.     Mengadakan Bimbingan Belajar Untuk Siswa SD
d.     Mengadakan Les Keterampilan komputer
e.     Qiro’atil Qur’an
f.      Mengadakan outbond bagi siswa – siswa
g.     Instalasi windows di kantor kelurahan
h.     Mengkonsep ulang Perpustakaan Desa
Aspek Kesehatan :
1)             Penyuuluhan Keluarga Berencana (KB)
2)             Penyuluhan kanker serviks
Aspek Lingkungan :
1)        Menanamkan tanaman toga
2)        Mengadakan kerja bakti ( memperbaiki fasilitas desa ex : Penunjuk Jalan ) 

SUSUNAN KEANGGOTAAN PANITIA KKN-PPM POSDAYA
Struktural KKN-PPN di Desa Tejowangi :
Dosen Pembimbing
: Nuraeni, S.Sos, M.Ab
Ketua Pelaksana
: Irwanto
Sekretaris
: Novita Roikhatul Amalia
Bendahara
: Siti Kholidatur Rochman
Anggota
-    Bagus Satria Wibowo
-    Moch. Firman Arif
-    Abd. Ghalib
-    Agus Setiawan
-    Ike Nur Jannah
-    Yanti
-    Husnul Khotimah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terjemah Mabadi' Fiqih Juz 3 (THOHAROH / BERSUCI)

Thoharoh ialah mengerjakan sesuatu yang tidak sah sholat seseorang kecuali dengan melakukan bersuci. Thoharoh itu ada dua macam yaitu: Thoharoh dari hadats dan thoharoh dari kotoran. Thoharoh dari hadats ialah bersuci dengan cara berwudlu', mandi dan tayammum (pengganti wudlu dan mandi). Thoharoh dari kotoran ialah bersuci dengan cara istinja' (sesudah buang air kecil atau besar), dan menghilangkan najis dari tubuh, pakaian dan tempat. Macam-macam benda yang dapat mensucikan itu ada empat, yaitu: air, debu, batu, dan menyamak untuk kulit binatang0. Pembagian air itu ada tiga, yaitu : 1. air suci yang dapat mensucikan, 2. air yang suci yang tidak dapat mensucikan, 3. air yang terkena najis. Air yang suci yang dapat mensucikan yaitu: semua air yang berasal dari langit atau yang bersumber dari bumi, dan tidak merubah sifat-sifatnya dengan sebab adanya benda yang dapat merubah kesucian air tersebut. seperti: air hujan, air laut, air sungai, air es dan air embun. Air yang ber

Akhlak Lil Banat Juz 1 Bab 7. ANAK PEREMPUAN YANG SHOLIHAH

             Khadijah adalah anak yang shalihah. Ayah, ibu, dan guru-guru perempuanya mencintai Khadijah, teman-teman Khadijah juga memulyakan Khadijah. Setiap anak perempuan pasti memiliki cita-cita, sama halnya seperti Khadijah. Kebiasaan Khadijah sebelum tidur adalah berdzikir kepada Allah dan bersyukur karena sudah menjaga Khadijah selama hidupnya dari segala musibah dan penyakit. Khadijah berkata: بِسْمِكَ اللهُمَّ اَحْيَاوَاَمُوْنُ yang artinya” Dengan Namamu Ya Allah saya hidup dan mati” . Dan ketika dia bangun dari tidurnya dia juga berzdikir kepada Allah. Dia bersyukur atas nikmat tidurnya dan yang telah mengistirahatkannya dari kelelahan dan Allah membiasakan di setiap aktifitasnya, Khadijah berkata: اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ yang artinya: “Segala puji bagi-Mu, ya Allah, yang telah menghidupkan kembali diriku setelah kematianku, dan hanya kepada-Nya nantinya kami semua akan dihidupkan kembali.”              Da

Akhlak Lil Banat Juz 1 Bab 6. ِApa Kewajian Anak Perempuan Kepada Tuhannya?

ماذايجب عليك لربك  kamu harus benar-benar tahu bagaimana Tuhanmu memberimu nikmat yang begitu besar. Maka kamu harus mensyukuri nikmat itu dengan beribadah kepada Allah dan mengagungkan-Nya. Dan menjalankan semua yang diperintah oleh Allah kepadamu dan meninggalkan semua hal yang harus di tinggalkan. Dan kamu harus mencintai Allah melebihi cintamu kepada ayah dan ibumu, melebihi cintamu kepada dirimu sendiri. Dan memohon kepada Allah dengan semua permohonan yang bagus. Dan kamu terus berdoa kepada Allah agar allah menjunjukkan kepadamu kesematan dan jalan yang baik. Dan Allah akan menjadikanmu anak perempuan yang bagus, yang beruntung di dunia dan di akhirat. Apabila kamu bersyukur kepada Allah dan menjalankan perintah Allah. Maka kamu dicintai Allah yang Maha suci dan Maha Luhur dan menjadikanmu manusia yang menyayangi sesama manusia dan Allah akan menjagamu dari segala musibah dan penyakit, dan Allah akan memberimu segala hal yang akan menambahkan nikmat, seperti yang di sebutkan