BAB I
SEJARAH
PERKEMBANGAN KOMPUTER
A.
SEJARAH KOMPUTER
1. Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
Generasi
pertama dari komputer, ditandai dengan diketemukannya tabung hampa udara
sebagai alat penguat sinyal.Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal,
merupakan ciri khas komputer generasi pertama. Pada awalnya, tabung
hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Bahan
bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah
pecah, dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen
lain yang berfungsi sebagai pendingin.
Dan
dengan adanya komponen tambahan, akhirnya komputer yang ada menjadi besar,
berat dan mahal. Pada tahun 1946, komputer elektronik didunia yang pertama
yakni ENIAC selesai dibuat. Pada komputer tersebut terdapat 18.800 tabung hampa
udara dan berbobot 30 ton. begitu besar ukurannya, sampai-sampai memerlukan
suatu ruangan kelas tersendiri.
Pada
gambar nampak komputer ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama
didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M.
Ciri-ciri
komputer generasi pertama adalah:
-
Program dibuat dalam bahasa mesin,
-
Menggunakan konsep storage program,
-
Komponen yang digunakan adalah tabung hampa udara,
-
Ukuran fisiknya besar sehingga membutuhkan daya listrik yang besar, serta
-
Dapat disimpan pada magnetic tape dan magnetig disk.
Contohnya,
komputer IBM 701 yang dibuat tahun 1953 merupakan komputer komersial berukuran
besar, sedangkan IBM 705 yang dibuat tahun 1959 digunakan dalam industri.
Tabung hampa udara |
2. Komputer Generasi Kedua (1959-1965)
Transistor
merupakan ciri khas komputer generasi kedua. Transistor merupakan
singkatan dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan
antara dua dari tiga lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan
berikutnya dapat pula dipengaruhi. Dengan demikian, fungsi
transistor adalah sebagai penguat sinyal. Sebagai komponen padat, tansistor
mempunyai banyak keunggulan seperti misalnya: tidak mudah pecah, tidak
menyalurkan panas. dan dengan demikian, komputer yang ada menjadi lebih kecil
dan lebih murah.
Ciri-ciri
komputer generasi kedua antara lain:
-
Kapasitas memori utama cukup besar,
-
Komponen yang digunakan adalah transistor yang jauh lebih kecil
dibandingkan tabung hampa udara,
-
Menggunakan magnetic tape dan magnetic disk yang
berbentuk removable disk,
-
Mempunyai kemampuan proses real-time dan time sharing,
-
Proses operasinya lebih cepat,
-
Orientasinya pada aplikasi bisnis dan teknik.
3. Komputer Generasi Ketiga (1965-1970)
Konsep
semakin kecil dan semakin murah dari transistor, akhirnya memacu orang untuk
terus melakukan pelbagai penelitian. Ribuan transistor akhirnya berhasil
digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Secuil silicium yag mempunyai
ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas
komputer generasi ketiga.
GAMBAR di samping nampak, komputer
IBM S/360 yang Menggunakan komponen IC. Dinamakan IBM S/360 karena mampu
melakukan operasi satu lingkaran penuh (360 derajat) yang maksudnya mampu
melakukan proses yang dibutuhkan oleh aplikasi bisnis maupun teknik.
Ciri-ciri
komputer generasi ketiga antara lain:
§ Komponen yang dipakai adalah
IV (Integrated Circuits) yang terdiri atas ratusan atau ribuan
transistor berbentu hybrid integrated circuits dan monolithic
intgrated circuits,
§ Proses operasinya jauh lebih
cepat dan lebih tepat, kapasitas memori komputer jauh lebih besar,
§ Ukuran fisik jauh lebih kecil
sehingga penggunaan listrik lebih hemat,
§ Menggunakan magnetic disk
yang sifatnya random access,
§ Dapat melakukan multiprocessing
dan multiprogramming,
§ Alat input-output
mengalami pengembangan dengan menggunakan visual display terminal,
serta
§ Dapat melakukan komunikasi
data dari satu komputer dengan komputer lainnya.
Contohnya,
komputer IBM S/30. NOVA, CDC 3000, PDP-11, dan lain sebagainya
4. Komputer
Generasi Keempat (sejak tahun 1970)
Pada
generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang
merupakan pemadatan ribuan IC kedalam sebuah Chip. Istilah chip digunakan untuk
menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian-rangkaian
terpadu integreted circuits). LSI kemudian dikembangakan dalam VLSI (Very Large
Scale Integration).
Sejak
tahun 1970, dunia komputer mengalami dua perkembangan penting, yaitu:
·
Penggunaan LSI (Large Scale Integration) yang disebut juga sebagai
Bipolar Large Scale Integration, serta
·
Menggunakan mikroprosesor dan semi konductor yang berbentuk chip
untuk memori komputer
Contohnya, komputer IBM 370
menggunakan Intel 4004 mikroprosesor yang dikembangkan pertama kali pada tahun
1971 oleh perusahaan Intel Corporation dengan menggunakan chip
mikroprocessor. Personal computer (PC) mulai berkembang sejak
tahun 1977, misalnya komputer Apple II dan komputer dekstop oleh Xerox
Corporation. Pada tahun 1981, komputer mulai banyak menggunakan sistem Window
dan mouse.
5. Komputer Generasi Kelima
Komputer
generasi kelima kini sedang dalam pengembangan. Komponen yang dipakai adalah
VLSI (Very Large Scale Integration). Saat ini sedang dikembangkan oleh
Josephson Function yang diramalkan dapat menggantikan keberadaan chip.
Negara yang mempelopori perkembangan komputer generasi kelima ini adalah
Jepang. Kemungkinan pengembangan komputer lainnya ialah kemampuan komputer
memecahkan masalah sendiri dengan bantuan AI (Artificial Intellegence).
Hal ini dapat diterapkan untuk mengoperasikan robot.
B.
SEJARAH JARINGAN KOMPUTER
GLOBAL
Di Tahun 1950-an ketika jenis komputer mulai
membesar sampai tercipta superkomputer, maka sebuah komputer harus melayani
beberapa terminal. untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan
waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), dan untuk pertama
kali terbentuklah jaringan (network) komputer pada lapis aplikasi. Pada sistem
TSS beberapa terminal terhubung ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai
nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada
awalnya berkembang sendiri-sendiri.
Pada tahun 1957 Advanced Research Projects Agency
(ARPA) dibentuk oleh Departement of Defence (DoD) USA. Pada tahun 1967 desain
awal dari ARPANET diterbitkan dan tahun 1969 DoD menggelar pengembangan ARPANET
dengan mengadakan riset untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga
membentuk jaringan organik (program ini dikenal dengan nama ARPANET).ARPANET
dibentuk secara khusus oleh empat universitas besar di Amerika, yaitu Stanford
Research Institute, University of California, University of California di Los
Angeles, dan University of Utah yang dibentuk satu jaringan terpadu pada tahun
1969. Pada bulan Oktober tahun 1972, ARPANET diperkenalkan kepada umum. Pada
tahun 1981, jumlah komputer yang bergabung dalam ARPANET hanya 213 komputer,
kemudian di tahun 1986 bertambah menjadi 2.308 komputer, dan berambah lagi
menjadi 1,5 juta komputer pada tahun 193. Pada awal tahun delapan puluhan,
seluruh protokol jaringan yang tercakup dalam proyek ARPANET diubah menjadi
TCP/IP. Jaringan ARPANET merupakan koneksi utama (backbone) dari
internet saat ini.
Tahun 1973 jaringan komputer ARPANET berkembang
luas keluar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan
komputer pertama di luar USA yang menjadi anggota jaringan ARPANET. Pada tahun
yang sama, 2 orang ahli komputer, Vinton Cerf dan Bob
Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal
bakal pemikiran International Network (Internet). Ide ini untuk pertama kalinya
dipresentasikan di Sussex University Hari bersejarah berikutnya adalah pada
tanggal 26 maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirim e-mail dari Royal
Signal and Radar Enstablishment di Malvern. Setahun kemdian sudah lebih dari
100 komputer yang tergabung di ARPANET membentuk sebuah network.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin
hari semakin banyak, maka dibutuhkan suatu protokol resmi yang diakui oleh
semua jaringan Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Contron Protocol/Internet
Protocol (TCP/IP) yang kita kenal hingga saat ini.
Pada tahun 1984 diperkenalkan Domain Name System
(DNS) yang merupakan sistem penamaan masing-masing komputer yang terhubung
jaringan. Telah terhubung lebih dari 1000 unit komputer hingga tahun 1984 itu
dan pada tahun 1987 komputer yang terhubung melebihi angka 10.000 unit.
Pada tahun 1988 Jarko Oikarinen dari Finland
menemukan da memperkenal- kan IRC dan setahun kemudian jumlah komputer yang
terhubung melonjak 10 kali lipat (lebh dari 100.000 unit komputer)
Proyek
percobaan ARPANET dilanjutkan dan dibiayai oleh NSF (National Science
Foundation) suatu lembaga ilmu pengetahuan di Amerika. NSD mengubah nama
jaringan ARPANET menjadi NSFNET. Backbone yang memiliki kecepatan tinggi
dihubungkan ke komputer-komputer yang ada di universitas dan lembaga penelitian
yang tersebar di Amerika.
Tahun 1992 adalah tahun yang paling bersejarah
ketika Tim Berners Lee Menemukan program editor dan browser yang bisa
menjelajah antara satu komputer dengan komputer lain. Program ini disebut www
(World Wide Web) yang kemudian memunculkan istilah surfing (menjelajah) atau
browsing.
Kemudian
pemerintah Amerika memberikan izin penggunaan internet ke arah komersial pada
awal tahun 1990. Internet yang awalnya dikenal sebagai suatu sarana bagi para
peneliti untuk saling bertukar informasi kemudian dimanfaatkan oleh
perusahaan-perusahaan komersil sebagai sarana bisnis mereka. Saat ini, pengguna
internet tersebar di seluruh dunia dengan jumlah mencapai lebih dari 250 juta
orang.
BAB II
MENGENAL PERANGKAT
KOMPUTER
K
|
omputer
merupakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Komputer
tidak hanya berperan dalam bidang pengetikan atau
penghitungan, namun telah merambah ke berbagai bidang lainnya,
termasuk bidang komunikasi. Bidang pendidikan, ekonomi dan bisnis, militer, seni, hiburan, jaringan telekomunikasi dan
lain-lain telah memanfaatkan kemampuan komputer
untuk membantu memecahkan masalah. Dalam bidang pendidikan, komputer dapat dimanfaatkan sebagai media penunjang
pembelajaran, alat analisis, dan hal-hal yang
terkait dengan kegiatan akademik. Pemanfaatan komputer dalam bidang ekonomi dan bisnis dapat kita lihat melalui berbagai
sektor usaha yang sekarang hampir seluruhnya
terkomputerisasi.
Pengenalan
komputer bertujuan agar user atau pengguna komputer dapat menggunakan atau mengoperasikan komputer sesuai dengan prosedur.
Prosedur itu dimulai dari merangkai,
mengaktifkan, hingga mematikan komputer. Dengan demikian, pengguna komputer dapat bekerja secara efektif dan sistem
komputer yang digunakan pun terawat secara optimal.
Dalam bab ini, Anda akan mengenal perangkat-perangkat penting komputer, cara mengaktifkan dan mematikan komputer,
serta cara menjalankan dan mengakhiri beberapa
program aplikasi
A.
PERANGKAT
KERAS KOMPUTER
1.
Alat
Input
Alat input atau input device adalah perangkat keras yang berguna untuk
memasukan data ke komputer.
a.
Keyboard
Keyboard adalah perangkat input berbentuk papan ketik yang memiliki tuts
atau tombol huruf, tombol angka, tombol karakter khusus, dan
tombol fungsi. Keyboard merupakan alat input
utama dalam sistem komputer karena hampir semua instruksi komputer dapat kita inputkan melalui keyboard. Ada dua jenis computer, yaitu
keyboard QWERTY dan computer DEVORAK. Tetapi keyboard yang paling sering ita
lihat adalah keyboard QWERTY.
b.
Mouse
Mouse sangat penting peranannya dalam sistem komputer yang berbasis GUI (Graphical User Interface), antarmuka yang terdapat pada sebagian
besar komputer masa kini. Mouse digunakan sebagai alat untuk menunjuk dan menjalankan
perintah pada menu-menu yang tampak pada layar monitor. Alat ini memiliki dua
tombol klik dan satu tombol scroll. Tombol kiri
biasanya digunakan sebagai tombol perintah, sedangkan tombol kanandigunakan
sebagai tombol shortcut. Tombol scroll digunakan untuk menggulung layar sehingga kita dapat berpindah halaman secara cepat.
c.
Joystick
Joystick digunakan untuk memasukkan perintah pada saat kita menjalankan
game komputer. Bentuk joystick menyerupai sebuah tongkat yang dapat kita
gerakkan ke beberapa arah, dan dilengkapi dengan tombol-tombol di bagian atas.
d.
Track
Ball
Trackball memiliki fungsi sama seperti joystick, yaitu untuk memasukkan
perintah pada saat kita memainkan game komputer. Pada alat ini
terdapat bola berukuran cukup besar sehingga
mudah digerakkan saat bermain game.
e.
Scanner
Scanner adalah alat untuk memindai atau menyalin dokumen tercetak seperti
gambar, foto, atau tulisan menjadi data digital yang dapat diproses
oleh komputer.
f.
Microfon
Mikrofon berfungsi untuk memasukkan data berbentuk suara ke dalam komputer.
Alat ini harus kita hubungkan ke kartu suara (soundcard) agar
dapat menerima input berupa suara. Dengan
bantuan perangkat lunak tertentu, input suara tersebut dapat kita edit dan kita simpan di komputer.
g.
Touch
screen
Touch screen atau layar sentuh adalah alat masukan yang memungkinkan kita
memasukkan data maupun instruksi ke komputer melalui sentuhan.
Anda dapat menjumpai touch screen di
tempat-tempat umum yang menyediakan informasi untuk umum atau di mesin ATM.
h.
Camera
video
Kamera video atau sering disebut camcorder adalah alat untuk merekam objek
bergerak hingga menjadi file video atau film. Camcorder
termasuk alat input. Hasil rekaman apat ditransfer ke komputer dan diolah dengan perangkat
lunak khusus. Hasilnya kemudian dapat kita salin ke cakram CD atau DVD.
i.
Camera
Foto
Sebagian besar kamera foto yang beredar saat ini merupakan kamera digital.
Kamera digital lebih mudah digunakan karena
karena tidak menggunakan kertas film. Pengguna dapat mengambil gambar sebanyak-banyaknya
tanpa perlu takut gagal karena gambar yang buruk dengan mudah dapat dihapus. Di samping itu, file foto digital lebih
mudah dipindah dan diolah menggunakan komputer.
Keyboard
|
Mouse
|
Joystick
|
Trackball
|
||||||
scanner
|
Microphone
|
Touchscreen
|
Camera
Video
|
||||||
Camera Foto
|
|||||||||
Gambar
perangkat hardware
|
2.
Alat
Process
Proses kerja komputer merupakan satu rangkaian kerjasama antar beberapa
komponen. Kinerja komputer tidak ditentukan atau didominasi oleh
suatu alat, namun paduan dari sejumah komponen. Di bawah ini adalah alat-alat proses
yang digunakan oleh komputer untuk mengolah data.
a.
Processor
Processor adalah alat utama yang berfungsi mengolah data secara digital.
Prosessor sering dijuluki otak komputer. Perkembangan komputer tidak
terlepas dari perkembangan prosessor dari tahun ke tahun. Bahkan seri komputer
dikendalikan oleh seri prosessor keluaran terbaru. Di Indonesia, kita mengenal beberapa
merek prosessor, di antaranya Intel, AMD (Advanced Micro Device), PowerPC, dan
Cyrix.
b.
RAM
(Random Access Memory)
RAM adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses
seketika tanpa Ada beberapa
tipe RAM yang digunakan dalam sistem komputer modern, yaitu SRAM (Static RAM),
DRAM (Dynamic RAM), NVRAM (Non-Volatile RAM), dan DDR RAM (Double
Data Rate RAM). Kapasitas memori bervariasi, mulai dari 512 MB, 1 GB, 2 GB hingga 4GB.
c.
Main
Board
Mainboard merupakan papan elektronik untuk meletakkan berbagai macam
komponen komputer seperti prosessor, RAM, dan komponen lain.
Meskipun mainboard tidak secara langsung tergolong sebagai alat proses, namun
keberadaannya sangat penting dalam komputer.
Fungsi mainboard antara lain mengorganisasikan, mengatur dan menentukan alat yang terpasang pada komputer. Chipset dan program
BIOS yang terdapat pada mainboard berfungsi untuk mengatur dan
mengkomunkasikan data maupun informasi yang diproses di
komputer.
d.
Kartu
VGA (CGA Card)
Kartu VGA atau VGA card adalah komponen komputer yang berfungsi
menghubungkan mainboard dengan monitor. Alat ini berfungsi memproses
tampilan pada layar monitor. Besar kecilnya resolusi dan ketajaman warna yang
ditampilkan monitor, selain ditentukan oleh
monitor juga sangat ditentukan oleh kartu VGA. Kartu VGA dilengkapi dengan memori yang besarnya bervariasi mulai dari 512MB
hingga lebih dari 1GB.
e.
Kartu
Suara (Sound Card)
Kartu suara atau sound card adalah komponen komputer yang berfungsi
mengolah suara. Alat ini dapat digunakan sebagai alat input, alat
proses atau alat output. Kualitas suara yang
dihasilkan oleh komputer ditentukan oleh mutu kartu suara yang terdapat di dalamnya.
Processor
|
RAM
|
Mainboard
|
VGA Card
|
Sound Card
|
|
Gambar alat Proses
|
3.
Media
Penyimpanan
a.
Harddisk
Harddisk atau harddrive adalah media penyimpanan yang
terletak di dalam kotak CPU. Alat ini memiliki piringan keras yang terbuat dari
logam di dalamnya sehingga disebut cakram
keras. Harddisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson,
pada 1956. Pada saat itu hardisk terdiri dari 50 piringan
dengan ukuran 0,6 meter, memiliki kecepatan
1.200 rpm (rotation per minutes) dan kapasitas 4,4 MB (4,4 juta byte).
Kapasitas yang terbilang sangat kecil untuk ukuran saat ini.
Perkembangan hardisk begitu pesat. Dari ukuran 0,6
meter menjadi hanya 0,6 centimeter, dari
kapasitas 4,4 MB, kini sudah mencapai 1 TB (terabyte atau 1 trilyun byte)
dengan kecepatan hingga 10.000 rpm. Saat ini hardisk tidak
hanya ditempatkan di dalam kotak CPU, tetapi
juga dijadikan external drive dengan koneksi USB atau Firewire.
b.
CD/DVD-ROM
CD/DVD-ROM adalah alat yang
digunakan untuk membaca cakram CD atau DVD. Pada awalnya alat
ini hanya bisa membaca data saja. Perkembangan teknologi membuat CD/DVD drive
dapat menulis atau merekam data pada cakram CD atau DVD. CD-ROM atau DVD-ROM
yang sanggup menulis ke cakram CD/DVD disebut CD writer atau DVD writer.
Secara fisik antara Cdrom dengan DVDrom sama. Hanya saja kemampuannya yang berbeda.
DVDrom sanggup membaca data cakram cd. Namun sebaliknya Cdrom tidak sanggup
membaca cakram DVD.
c.
Flash
Disk
Media penyimpanan USB flashdisk lebih populer disebut flashdisk. Bentuknya
kecil dengan port USB di ujungnya untuk menghubungkan diri
dengan komputer. Kapasitas penyimpanan data sebuah flashdisk cukup besar, mulai
dari ratusan megabyte hingga beberapa gigabyte. Ukuran yang kecil dan sifatnya yang
mudah dibawa membuat flashdisk menjadi peralatan wajib bagi pengguna komputer yang
harus sering memindahkan data.
d.
Disket
Disket merupakan media penyimpanan
data yang terbuat dari cakram magnetik lentur (floopy).
Kapasitasnya yang kecil, yakni 1,44 MB, membuat disket tidak banyak lagi digunakan
pada masa kini, kecuali untuk beberapa keperluan khusus.
e.
Optical
Disk
Optical disk atau yang sering disebut
CD atau DVD merupakan media penyimpanan berbentuk
cakram berdiameter 120 mm dengan lubang berdiameter 15 mm di tengahnya. Secara
fisik, CD dan DVD sangatlah mirip. Namun kapasitas penyimpanan data keduanya terpaut
jauh. CD hanya mampu menyimpan data hingga 700 MB, sedangkan DVD mampu menyimpan
data hingga 4,7 GB, bahkan 17 GB.
Harddisk
|
VCD/DVD-ROM
|
Flashdisk
|
Disket
|
Optical Disk
|
|
Gambar Media Penyimpanan
|
4.
Alat
OutPut
Informasi yang telah diproses oleh
komputer ditampilkan kepada pengguna melalui alat output.
Beberapa alat output yang banyak digunakan dalam sistem komputer adalah sebagai
berikut.
a.
Monitor
Monitor adalah alat output utama
dalam sistem komputer yang berfungsi menampilkan perintah
maupun hasil pengolahan data secara langsung. Dewasa ini kita mengenal dua jenis
monitor, yakni monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid
Crystal Display). Jumlah
warna yang mampu ditayangkan monitor bervariasi mulai 256 color, 16 bit color
(high color) hingga 24 bit color (true color). Monitor komputer umumnya memiliki
refresh rate (kecepatan pergantian gambar) 60 Hz, 70 Hz, 72 Hz, 75 Hz dan 85 Hz. Besar
kecilnya refresh rate monitor dapat kita atur melalui sistem operasi kompute
b.
Printer
Printer adalah alat untuk
menampilkan hasil pengolahan data dalam bentuk cetakan. Hasil cetakan
dapat berupa teks, angka, maupun gambar. Ada tiga jenis printer yang saat ini beredar di
pasaran, yakni printer dot matrix, printer inkjet, dan printer laser.
c.
Poryektor
LCD
Proyektor LCD adalah alat yang
berfungsi menampilkan objek yang dihasilkan komputer ke bidang
lain yang lebih besar, misalnya layar presentasi atau tembok. Alat ini biasanya digunakan
sebagai alat bantu saat presentasi dan rapat maupun sebagai media pembelajaran.
Selain dihubungkan ke komputer, alat ini dapat juga dihubungkan ke VCD/DVD
player sehingga dapat difungsikan sebagai home theater. Ukuran kekuatan
sinar yang
dipancarkan proyektor LCD proyektor biasanya dinyatakan dalam satuan ANSI lumens.
Semakin besar ANSI lumens, semakin tinggi pula intensitas cahaya yang dipancarkan
suatu proyektor LCD.
d.
Speaker
Speaker merupakan alat output audio.
Fungsinya mengeluarkan suara dari pengolahan data audio yang
terjadi di dalam komputer. Saat ini, komputer tidak hanya berfungsi sebagai alat
komputasi, namun juga menjadi media hiburan. Tidak heran jika produk-produk speaker
aktif untuk komputer memiliki kualitas suara yang bagus.
Monitor LCD
|
Printer
|
LCD Proyektor
|
Speaker
|
Gambar Perangkat Output
|
5.
Pheriperal
a.
Kartu
Jaringan (Nework Interface Card)
NIC atau Network Interface Card adalah
kartu jaringan yang berfungsi menghubungkan satu
komputer dengan komputer lain. Ada dua jenis kartu jaringan, yaitu kartu
jaringan yang menyatu
dengan mainboard (onboard) dan kartu jaringan yang harus ditambahkan pada slot
PCI yang terdapat pada mainboard.
b.
Modem
Modem berfungsi menghubungkan satu
komputer ke komputer lain atau ke Internet melalui
jalur telepon. Modem yang merupakan singkatan dari modulator demodulator mampu
mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Pada umumnya, modem
memiliki kecepatan 56 kbps. Ada dua jenis modem yang banyak kita jumpai, yakni modem
internal dan modem eksternal. Modem internal adalah modem yang terpasang pada mainboard
komputer di dalam kotak CPU, sementara modem eksternal adalah modem yang
dihubungkan melalui port USB atau port serial dan terletak di luar kotak CPU.
c.
Hub
Hub atau disebut juga switch hub adalah
sebuah alat yang digunakan sebagai terminal jaringan
komputer yang menggunakan kabel UTP. Jumlah port yang dimiliki hub bervariasi,
mulai dari 8, 12, 16, 24 hingga 32 port. Semakin banyak port yang dimiliki suatu hub,
semakin banyak pula komputer yang dapat dihubungkan
d.
UPS
UPS atau Uninterupted Power Supply
adalah sebuah alat yang berfungsi memberikan tenaga listrik
cadangan pada saat listrik PLN tiba-tiba padam. Dengan UPS, komputer masih akan
tetap hidup selama beberapa saat ketika listrik padam sehingga kita berkesempatan
menyimpan file dan mematikan komputer melalui prosedur yang benar.
Kartu Jaringan
|
Modem
|
HUB
|
UPS
|
Gambar perangkat Pheriperal
|
B.
JARINGAN
KOMPUTER
Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang saling
berhubungan untuk melakukan komunikasi data. Hubungan antara dua komputer atau lebih
tersebut dapat terjadi melalui
media kabel maupun nirkabel (tanpa kabel). Adapun data yang dikomunikasikan dapat berupa data teks,
suara, gambar, atau video.
Sejarah jaringan komputer dimulai pada tahun 1940 di Amerika Serikat
melalui proyek pengembangan komputer Model I di laboratorium Bell dan kelompok riset
Harvard University yang dipimpin oleh Howard
Aiken. Saat itu, proyek tersebut hanya bertujuan untuk memanfaatkan sebuah perangkat komputer sehingga dapat dipakai
bersama. Pada tahun 1950, saat komputer mulai berkembang dan superkomputer lahir,
muncullah kebutuhan akan sebuah komputer yang mampu melayani banyak terminal.
Kemudian ditemukanlah konsep TSS (Time Sharing
System) atau sistem antrian. Pada tahun 1969, terbentuklah jaringan komputer pertama yang disebut ARPANET.
Manfaat atau keuntungan
dibangunnya jaringan komputer adalah:
a)
komputer-komputer yang
saling terhubung dapat melakukan sharing file maupun sharing folder, yaitu pemakaian file atau
direktori secara bersama-sama.
b) dengan adanya penyimpanan file terpusat (file server), file atau data yang
ada di server dapat saling dibagi
c) memungkinkan pemakaian aplikasi secara bersama-sama oleh multiuser
d) memudahkan kita membackup data (membuat data cadangan)
e) memungkinkan kita untuk mendapatkan data terbaru/terkini secara cepat.
Ada tiga cara untuk mengelompokkan jenis jaringan
komputer, yaitu:
a)
jaringan komputer
berdasarkan area atau luas wilayah
b)
jaringan komputer
berdasarkan topologi (bentuk) jaringan
c)
jaringan komputer
berdasarkan media transmisi.
1.
Jaringan
computer berdasarkan area atau luas wilayah
a.
LAN atau Local Area Network
jaringan komputer untuk
area yang tidak begitu luas. Batasan ukuran luas LAN adalah satu gedung. Contoh LAN adalah jaringan yang
terdapat di sekolah-sekolah yang menghubungkan
komputer milik siswa, komputer milik guru dan komputer milik bagian administrasi.
Dalam LAN kita dapat workgroup atau kumpulan dari beberapa komputer atau
user yang melakukan sharing resources atau berbagi sumber daya. Sebagai contoh,
workgroup guru terdiri dari user guru1, guru2, guru3 dan seterusnya, sedangkan workgroup
siswa terdiri dari user siswa1, siswa2 dan seterusnya. Penggunaan workgroup seperti ini
akan memudahkan penanganan atau manajemen jaringan.
Manfaat penggunaan LAN
adalah:
·
Setiap user dapat
melakukan pertukaran file (sharing file)
secara mudah
·
setiap
user dapat berbagi pakai printer (printer sharing)
·
setiap
user dapat menyimpan data secara terpusat (file server)
·
setiap
user dapat saling berkomunikasi menggunakan komputer.
Local Area Network
b.
MAN
(Metropolitan Area Network)
Media penyimpanan USB flashdisk lebih populer disebut flashdisk. Bentuknya
kecil dengan port USB di ujungnya untuk menghubungkan diri
dengan komputer. Kapasitas penyimpanan data sebuah flashdisk cukup besar, mulai
dari ratusan megabyte hingga beberapa gigabyte. Ukuran yang kecil dan sifatnya yang
mudah dibawa membuat flashdisk menjadi peralatan wajib bagi pengguna komputer yang
harus sering memindahkan data.
Skema Metropolitan Area Network
c.
WAN
(Wide Area Network)
WAN atau Wide Area Network adalah
jaringan komputer dengan cakupan geografis paling luas hingga
menjangkau pulau lain, negara lain, benua lain, bahkan luar angkasa. WAN biasanya
merupakan kumpulan dari sejumlah LAN dan MAN. Contoh penerapan WAN adalah
jaringan yang dimiliki bank berskala nasional. Bank “A” yang berkantor pusat di Jakarta
memiliki kantor cabang di Surabaya, Makasar, dan Denpasar. Bank “A” juga membuka
cabang di luar negeri yakni di Singapura, Malaysia, dan Filipina. Di setiap cabang, bank
tersebut memiliki kantor sendiri dengan sejumlah karyawan dan fasilitas lengkap
termasuk ATM (Automatic Teller Machine). Untuk mendapatkan informasi akurat transaksi
keuangan dari seluruh cabang, Bank “A” membuat jaringan komputer yang termasuk
dalam kategori WAN.
Skema Wide area Network
Keuntungan penggunaan WAN adalah:
a. komputer
server untuk pusat data dapat dibuat terpusat di satu lokasi
b. komunikasi
antarkantor cabang dapat dilakukan menggunakan e-mail atau chatting yang lebih
murah biayanya dibanding komunikasi telepon
c.
dokumen dapat dikirim dalam bentuk
surat elektronik sehingga mengurangi biaya dan kerumitan
pengiriman dokumen melalui kantor pos.
2.
Jaringan
computer berdasarkan topologi jaringan (bentuk)
a. Topologi bus atau linier
Topologi bus banyak
digunakan untuk jaringan yang ruang lingkupnya kecil. Jaringan bertopologi bus biasanya menggunakan kabel
koaksial berikut konektornya. Alur kerja jaringan bertopologi bus dapat dijelaskan sebagai berikut. Sebelum kartu
jaringan mengirim data, ia akan terlebih dahulu
melihat kepadatan trafik atau lalu lintas jaringan. Data akan dikirim dalam antrian jika
kondisi trafik kosong. Hal itu dilakukan untuk menghindari terjadinya collision atau tabrakan data yang mengakibatkan data
tidak sampai ke tujuan.
Topologi bus memiliki
kelebihan, yaitu infrastrukturnya sederhana dan hemat kabel.
Namun topologi bus juga
memiliki kekurangan, yaitu:
a.
jika terjadi kerusakan
pada salah satu komputer saja, seluruh semua jaringan akan mati
b.
membutuhkan terminator
pada kedua ujung kabel utama
c.
jika terjadi kerusakan,
sangat sulit menemukan titik kerusakan
d.
tidak dapat digunakan
untuk jaringan skala besar.
b. Topologi ring (cincin)
Jaringan dengan topologi ring atau
cincin menghubungkan beberapa komputer dimana ujung-ujung
jaringan tersebut dipertemukan kembali sehingga membentuk lingkaran. Pada topologi
ring, ada sebuah komputer yang berfungsi sebagai token atau kendaraan yang akan
mengantarkan data. Token ini akan mengantarkan data melalui media transmisi hingga
sampai tujuan. Dalam topologi ring kemunginkan terjadinya collision (tumbukan data) dapat
dihilangka. Hanya saja biaya untuk membangun jaringan dengan topologi ini relatif
lebih mahal. Selain itu, tingkat kesulitan untuk memelihara dan memperbaiki jaringan
relatif tinggi.
c. Topologi star (bintang)
Pada jaringan bertopologi star atau bintang, setiap komputer terkoneksi ke
jaringan melewati sebuah hub atau konsentrator. Semua data akan
melewati konsentrator tersebut sebelum dikirim ke tujuan. Fungsi hub atau
konsentrator adalah mengatur dan mengendalikan
keseluruhan fungsi jaringan. Selain itu hub juga berfungsi sebagai repeater atau penguat sinyal. Keuntungan menggunakan topologi
star adalah:
a. infrastrukturnya relatif mudah dibangun
b. jika terjadi kerusakan pada salah satu titik jaringan,
koneksi jaringan secara keseluruhan tidak terganggu
c.
kesalahan atau kerusakan yang terjadi mudah dideteksi.
Kekurangan topologi star adalah:
a. pemakaian kabel relatif lebih banyak dibandingkan
dengan topologi bus
b. jika hub rusak maka seluruh jaringan yang terhubung
melewati hub tersebut akan terganggu
c.
biaya pembangunnya relatif lebih mahal dibandingkan topologi bus.
d. Topologi tree (pohon)
Jaringan dengan topologi
tree merupakan paduan jaringan bertopologi bus dan jaringan bertopologi star. Topologi ini
memungkinkan pengembangan jaringan yang telah ada.
Keuntungan topologi tree
ini adalah:
a.
instalasi jaringan dari
titik ke titik pada masing-masing segmen
b.
didukung oleh banyak
hardware dan software.
Akan tetapi, topologi
tree juga memiliki kekurangan, yaitu:
a.
panjang segmen dibatasi
oleh tipe kabel yang digunakan
b.
jika jaringan utama
rusak, maka keseluruhan segmen ikut rusak
c.
sulit dikonfigurasi,
termasuk sistem pengkabelannya.
e.
Topologi mash (web)
Topologi mash atau web sering pula
disebut topologi jaring. Dinamakan mash karena setiap
komputer akan terhubung ke setiap komputer yang tersambung. Pada praktiknya, topologi ini
jarang digunakan karena membutuhkan banyak sekali kabel dan sulitnya dikonfigurasi.
Biasanya model ini hanya diterapkan pada WAN atau Internet (karena itu disebut
topologi web). Keuntungan topologi mash ini adalah memungkinkan komunikasi data
melalui banyak jalur sehingga jika salah satu jalur terputus, masih ada jalur
lain yang dapat digunakan.
topologi
Bus (Linear)
|
topologi
Ring
|
topologi
Tree
|
topologi
Star
|
3.
Jaringan
Komputer berdasarkan Media Transmisi (Media Penghantar)
Media transmisi adalah media
penghantar data yang dapat berupa kabel atau gelombang elektromagnet.
Secara fisik, ada tiga jenis media penghantar data, yaitu kabel, gelombang elektromagnetik
(wireless) dan satelit.
a.
Kabel
- kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)
Kabel UTP merupakan jenis kabel yang
paling banyak digunakan untuk membangun jaringan
komputer. Kabel ini memiliki 4 bagian dan setiap bagian memiliki 2 serat. Spesifikasi
kabel UTP antara lain memiliki jangkauan data maksimal 100 meter, dihubungkan
dengan konektor RJ45, memiliki beberapa kategori, yaitu kategori 1, 2, 3, 4, dan
5.
- kabel STP (Shielded Twisted Pair)
Kabel STP memiliki ciri-ciri fisik
mirip dengan kabel UTP. Hanya saja kabel ini sangat sensitif
terhadap sinyal radio dan listrik. Kabel STP sering digunakan pada topologi
token ring.
- kabel koaksial
Kabel koaksial adalah kabel yang
memiliki satu konduktor tembaga di tengahnya. Lapisan plastik
isolator terletak di antara konduktor dan lapisan pengaman serat besi. Lapisan
serat besi
tersebut membantu menutupi gangguan dari lampu listrik, kendaraan dan komputer. Kabel ini
rentan terhadap gangguan sinyal-sinyal tertentu. Ada dua tipe kabel koaksial, yaitu tipe
RG-58 yang mampu menjangkau jarak 200 meter dan tipe RG-8 yang mampu menjangkau
jarak 500 meter.
- kabel fiber optic.
Kabel fiber optic atau serat optik
mempunyai kemampuan mentransmisikan sinyal melewati
jarak yang paling jauh dengan kecepatan paling tinggi. Jangkauan kabel serat optik dapat
mencapai 2000 meter.
kabel 3 Koaksial
|
kabel 4 Fiber Optik
|
kabel 1 UT
|
kabel 2 STP
|
b.
Wireless
Jaringan wireless atau sering
disebut WLAN (Wireless Local Area Network) adalah jaringan
komputer yang menggunakan gelombang radio, sinar inframerah (IR) atau sinar laser
sebagai medium. Karena tidak memerlukan kabel, jaringan wireless sangatlah
praktis digunakan.
Sinar inframerah banyak digunakan
untuk komunikasi tanpa kabel jarak dekat. Sistem yang
menggunakan sinar inframerah mudah dibuat dan relatif murah harganya. Hanya
saja, sinar
inframerah memiliki keterbatasan karena tidak mampu menembus tembok atau benda gelap.
Contoh paling sederhana penggunaan sinar inframerah adalah remote control televisi.
Pada alat komunikasi, sinar inframerah juga digunakan sebagai media pertukaran antar
telepon seluler.
Gelombang radio, frekuensi radio
atau RF (radio frequency) dalam jaringan tanpa kabel yang lebih
luas. Teknologi ini juga diterapkan pada siaran radio, televisi, telepon
cordless/ wireless, dan Internet.
Wireless LAN
c.
Satelit
Pada jaringan bertopologi star atau bintang, setiap komputer terkoneksi ke
jaringan melewati sebuah hub atau konsentrator. Semua data akan
melewati konsentrator tersebut sebelum dikirim ke tujuan. Fungsi hub atau
konsentrator adalah mengatur dan mengendalikan
keseluruhan fungsi jaringan. Selain itu hub juga berfungsi sebagai repeater atau penguat sinyal. Keuntungan menggunakan topologi
star adalah:
a. infrastrukturnya relatif mudah dibangun
- jika terjadi kerusakan pada salah satu titik jaringan, koneksi jaringan secara keseluruhan tidak terganggu
- kesalahan atau kerusakan yang terjadi mudah dideteksi.
Kekurangan topologi star adalah:
a. pemakaian kabel relatif lebih banyak dibandingkan
dengan topologi bus
b. jika hub rusak maka seluruh jaringan yang terhubung
melewati hub tersebut akan terganggu
c.
biaya pembangunnya relatif lebih mahal dibandingkan topologi bus.
JAringan VSAT
BAB III
PENUTUP
SIMPULAN
Teknologi
informasi dan komunikasi adalah pengembangan teknologi dan aplikasi komputer
maupun teknologi berbasis komunikasi untuk memproses, menyajikan, dan
mengelola
data serta informasi. Teknologi informasi dan komunikasi mencakup pembuatan perangkat
keras (hardware) komputer dan komponen-komponennya, pengembangan perangkat
lunak (software) komputer serta berbagai jasa yang berhubungan dengan komputer,
dan pembuatan komponen dan jasa yang berkaitan dengan perlengkapan komunikasi.
Komputer
merupakan alat utama dalam teknologi informasi dan komunikasi. Menurut
fungsinya,
peralatan komputer dapat dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu:
1. alat
input (masukan)
2. alat
proses
3. alat
storage (penyimpanan)
4. alat
output (keluaran)
Dua atau
lebih komputer dapat dihubungkan sehingga dapat saling berkomunikasi dan membentuk
jaringan komputer. Ada beberapa model jaringan komputer, yakni:
1. topologi
bus
2. topologi
star
3. topologi
tree
4. topologi
ring
5. topologi
mash
Berdasarkan
letaknya, jaringan komputer dibagi menjadi tiga, yaitu:
1. Local
Area Network (LAN)
2. Metropolitan
Area Network (MAN)
3. Wide
Area Network (WAN)
Berdasarkan
media transmisi atau media penghantarnya, jaringan komputer dibagi menjadi Tiga , yaitu:
1. jaringan
kabel (wireline)
2. jaringan
tanpa kabel (wireless)
3. satelit
DAFTAR PUSTAKA
Sadiman, 2006, Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMA kelas X,
Erlangga, Jakarta.
Fairus N.H, 2007, Mahir Menggunakan
Teknologi Informasi dan Komunikasi Microsoft Word 2003, Ganeca Exact, Bandung.
Supriyanto , 2005, Pengantar Teknologi
Informasi, Salemba Infotek, Jakarta.
Pustaka Internet:
http://id.wikipedia.org
http://www.ilmukomputer.com
http://osc.ugm.ac.id/ossdata/index.php?title=GIMP
http://beni-santoso.blogspot.com/2008/02/scribus-sebagai-editor-desktop.html
http://osc.ugm.ac.id/ossdata/index.php?title=Gambas
http://bebas.vlsm.org/v06/Kuliah/SistemOperasi/BUKU/SistemOperasi-4.X-1/ch02s05.html
Komentar
Posting Komentar