Langsung ke konten utama

Jawaban Soal Ujian Akhir Semester 4 "Sistem Informasi Manajemen"

JAWABAN SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER VI
Mata Kuliah "SISTEM INFORMASI MANAJEMEN"
UNIVERSITAS YUDHARTA PASURUAN
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Nama : HUSNUL KHOTIMAH
NIM   : 2010.69.04.0004
Jurusan / Prodi : Teknik Informatika
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban Nomor 1:
  • Sistem informasi terstruktur (Formal) yaitu sistem yang berjalan menurut norma-norma organisasi yang berlaku pada semua orang, sesuai dengan kedudukannya dalam organisasi. Sistem ini tergantung kepada tugas, wewenag, dan tanggung jawab yang dibebankan kepada pemegang jabatan organisasi. Contoh: Kenaikan pangkat pegawai, Kenaikan gaji berkala, dan sebagainya
  • Sistem Informasi tidak terstruktur (Non Formal)  yaitu sistem yang berlaku di lingkungan organisasi melalui saluran-saluran tidak resmi, tetapi mempunyai pengaruh cukup kuat dalam kehidupan organisasi yang bersangkutan (Gordon,1999). Contoh: Surat izin tidak masuk karyawan, dan sebagainya

Jawaban Nomor 2:
Aktifitas-aktifitas manajemen yang terdapat dalam:
  1. Pengendalian Operasional adalah proses penempatan agar kegiatan operasional dilaksanakan secara efektif dan efisien. Pengendalian operasional menggunakan prosedur dan aturan keputusan yang telah ditentukan lebih dahulu dalam jangka waktu yang relatif pendek. Dukungan pengolahan untuk pengendalian operasional terdiri atas: pengolahan transaksi, pengolahan laporan, dan pengolahan pertanyaan. etiga jenis pengolahan berisikan berbagai macam pembuatan keputusan yang melaksanakan aturan keputusan yang telah disetujui atau menyajikan suatu keluhan yang mengeluarkan yang akan diambil (Gordon,1999).
  2. Pengendalian Manajemen  diperlukan oleh berbagai manajer bagian, pusat laba dan sebagainya untuk mengukur prestasi, memutuskan tindakan pengendalian, merumuskan aturan keputusan baru untuk ditetapkan personalian operasional dan mengalokasikan sumber daya. Proses pengendalian manajemen memerlukan jenis informasi yang berkaiatan dengan tingkat ketelitian yang lebih tinggi menyangkut: pelaksanaan yang direncanakan, alasan adanya perbedaaan, dan analisa atas keputusan atau arah tindakan yang mungkin.
  3. Perencanaan Strategi  mengembangkan strategi sebagai sarana suatu organisasi untuk mencapai tujuannya. Kegiatan perencanaan strategi tidak mempunyai keteraturan meskipun sebenarnya bisa dijadwalkan dalam periode waktu yang relatif panjang. Informasi yang dibutuhkan haruslah memberikan gambaran yang lengkap dan menyeluruh, walaupun tidak mempunyai ketelitian yang tinggi.
Jawaban Nomor 3:
proses dalam pengontrolan informasi:
Semua data mentah yang di perolah di kumpulkan menjadi satu dan di proses. pada proses itu data di bedakan menjadi dua, yakni informasi yang berguna dan informasi yang tidak berguna. dan untuk selanjutnya informasi yang tidak berguna akan dibuang.

Jawaban Nomor 4: 
Dalam perjalannya Sistem Informasi Manajemen tidak serta merta langsung menjadi sebuah sistem yang seperti kita rasakan saat ini melainkan ada tahapan-tahapan perkembangan dari sistem yang terfokus untuk menghimpun,menyimpan dan memproses data saja sampai terciptanya sistem yang mengelola data tersebut menjadi sebuah informasi dan dari informasi tersebut terciptalah sistem pendukung keputusan seperti:
  • Fokus awal pada data (EDP)
  • Fokus baru pada Informasi (SIM)
  • Fokus Revisi pada pendukung keputusan (DSS)
Aplikasi Sistem Informasi Berbasis Komputer:
  • Sistem Informasi Eksekutif (Exceutive Information System -EIS-)  : merupakan sistem yang dirancang khusus bagi manager pada tingkat perencanaan strategis.
  • Sistem Informasi Pemasaran (Marketing Information System) : merupakan subjek dari SIM yang menyediakan informasi untuk memecahkan masalah pemasaran perusahaan.
  • Sistem Informasi Manufaktur (Manufacturing Information System): Merupakan subsistem SIM yang menyediakan informasi untuk digunakan dalam pemecahan masalah manufaktur .
Jawaban Nomor 5: 
Perbedaan antara EDP, DSS dan SIM.
EDP
  • melakukan pemrosesan data secara berulang kali terhadap data yang sejenis dengan bentuk pemrosesan yang relatif sederhana.
  • menggunakan metode otomatis dalam pengolahan data komersil.
  • koksistensi pengolahan dan ketergantungan terhadap bukti pendukung elektronik.
DSS
  •  menawarkan fleksibilitas, adaptilitas dan respon yang cepat.
  • DSS dapat bekerja dengan hanya mengandalkan sedikit bantuan, bahkan tanpa bantuan seorang proggramer.
  • DSS menyediakam bantuan untuk pengambilan keputusan dan masalah yang jalan keluarnya tidak dapat di spesifikasi.
  • DSS menggunakan peralatan dan metode analisis data yang mutakhir.
SIM
  •  Mendukung pengambilan keputusan yang bersifat terstruktur pada level operasional dan manajemen.
  • Umumnya SIM berorientasi pada laporan dan pengawasan. SIM di desain untuk membantu membuat laporan kegiatan yang ada serta menyediakan pengawas harian terhadap kegiatan tersebut.
  • SIM bergantung pada data gabungan dan alur data.
  • SIM tidak terlalu memiliki kemampuan analisis.
  • umumnya digunakan untuk mengambil keputusan dengan menggunakan data lampau dan data kini.
  • relatif tidak fleksibel dan lebih memiliki orientasi internal dari pada eksternal.
Jawaban Nomor 6:
Keamanan Sistem mengacu pada perlindungan terhadap semua sumber daya informasi perusahaan dari ancaman oleh pihak-pihak yang tidak berwenang.
Ancaman-ancaman terhadap keamanan sistem informasi antara lain:
a. Kerusakan perangkat keras.
b. Perangkat lunak tidak berfungsi.
c. Tindakan-tindakan personal.
d. Penetrasi akses ke terminal.
e. Pencurian data atau peralatan.
f. Kebakaran.
g. Permasalahan listrik.
h. Kesalahan-kesalahan pengguna.
i. Program berubah.
j. Permasalahan-permasalahan telekomunikasi

Jawaban Nomor 7: 
Proses dalam pengambilan keputusan dalam organisasi mencakup:
a. Identifikasi dan diagnosis masalah
b. Pengumpulan dan analisis data yang relevan
c. Pengembangan dan evaluasi alternatif-alternatif
d. Pemilihan alternatif terbaik
e. Implementasi keputusan dan evaluasi terhadap hasil-hasil
 
Kerangka kerja dalam pengambilan keputusan mencakup:
a. Sistem pengambilan keputusan
b. Pengetahuan tentang hasil
c.  Tanggapan keputusan
d.  Uraian tentang pengambilan keputusan
e.  Kriteria untuk pengambilan keputusan
f.  Inferensi statistik klasik
g.  Relevansi Metode Keputusan pada Perancangan SIM
 
Jawaban Nomor 8: 
James H. Moor menyataka alas an pentingnya etika komputer ada 3, yaitu :

1.    Kelenturan Logika (Logical Malleability)
Kelenturan logika oleh moor adalah kita mampu memprogram komputer untuk melakukan apapun yang kita inginkan. Komputer bekerja akurat seperti yang diinstruksikan programernya. Masyarakat tidak perlu khawatir terhadap  teknologi komputer karena apabila komputer digunakan untuk aktivitas yang tidak etis, maka orang yang  berada di belakang komputer yang harus dipersalahkan.

2.    Faktor Transformasi
Alas an etika komputer menjadi demikian penting karena terbukti bahwa penggunaan komputer tellah mengubah secara drastis cara-cara kita dalam melakukakn sesuatu. Inilah yang dimaksud factor transformasi. Kita bisa melihat jelas transformasi yang terjadi dalam caramelakukan tugas-tugas perusahaan. Contohnya surat elektronik (E-mail).

3.    Faktor Tidak Terlihat (Invisibility Factor)
Alas an ketiga perlunya etika komputer karena umumnya masyarakat menganggap komputer sebagai “kotak hitam” karena semua operasi internal komputer tidak dapat dilihat secara langsung. Tersembunyinya operasi internal komputer membuka peluang untuk membuat program secara sembunyi, membuat kalkulasi kompleks diam-diam, bahkan penyalahgunaan dan pengrusakan tiak terlihat.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terjemah Mabadi' Fiqih Juz 3 (THOHAROH / BERSUCI)

Thoharoh ialah mengerjakan sesuatu yang tidak sah sholat seseorang kecuali dengan melakukan bersuci. Thoharoh itu ada dua macam yaitu: Thoharoh dari hadats dan thoharoh dari kotoran. Thoharoh dari hadats ialah bersuci dengan cara berwudlu', mandi dan tayammum (pengganti wudlu dan mandi). Thoharoh dari kotoran ialah bersuci dengan cara istinja' (sesudah buang air kecil atau besar), dan menghilangkan najis dari tubuh, pakaian dan tempat. Macam-macam benda yang dapat mensucikan itu ada empat, yaitu: air, debu, batu, dan menyamak untuk kulit binatang0. Pembagian air itu ada tiga, yaitu : 1. air suci yang dapat mensucikan, 2. air yang suci yang tidak dapat mensucikan, 3. air yang terkena najis. Air yang suci yang dapat mensucikan yaitu: semua air yang berasal dari langit atau yang bersumber dari bumi, dan tidak merubah sifat-sifatnya dengan sebab adanya benda yang dapat merubah kesucian air tersebut. seperti: air hujan, air laut, air sungai, air es dan air embun. Air yang ber

Akhlak Lil Banat Juz 1 Bab 7. ANAK PEREMPUAN YANG SHOLIHAH

             Khadijah adalah anak yang shalihah. Ayah, ibu, dan guru-guru perempuanya mencintai Khadijah, teman-teman Khadijah juga memulyakan Khadijah. Setiap anak perempuan pasti memiliki cita-cita, sama halnya seperti Khadijah. Kebiasaan Khadijah sebelum tidur adalah berdzikir kepada Allah dan bersyukur karena sudah menjaga Khadijah selama hidupnya dari segala musibah dan penyakit. Khadijah berkata: بِسْمِكَ اللهُمَّ اَحْيَاوَاَمُوْنُ yang artinya” Dengan Namamu Ya Allah saya hidup dan mati” . Dan ketika dia bangun dari tidurnya dia juga berzdikir kepada Allah. Dia bersyukur atas nikmat tidurnya dan yang telah mengistirahatkannya dari kelelahan dan Allah membiasakan di setiap aktifitasnya, Khadijah berkata: اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ yang artinya: “Segala puji bagi-Mu, ya Allah, yang telah menghidupkan kembali diriku setelah kematianku, dan hanya kepada-Nya nantinya kami semua akan dihidupkan kembali.”              Da

Akhlak Lil Banat Juz 1 Bab 6. ِApa Kewajian Anak Perempuan Kepada Tuhannya?

ماذايجب عليك لربك  kamu harus benar-benar tahu bagaimana Tuhanmu memberimu nikmat yang begitu besar. Maka kamu harus mensyukuri nikmat itu dengan beribadah kepada Allah dan mengagungkan-Nya. Dan menjalankan semua yang diperintah oleh Allah kepadamu dan meninggalkan semua hal yang harus di tinggalkan. Dan kamu harus mencintai Allah melebihi cintamu kepada ayah dan ibumu, melebihi cintamu kepada dirimu sendiri. Dan memohon kepada Allah dengan semua permohonan yang bagus. Dan kamu terus berdoa kepada Allah agar allah menjunjukkan kepadamu kesematan dan jalan yang baik. Dan Allah akan menjadikanmu anak perempuan yang bagus, yang beruntung di dunia dan di akhirat. Apabila kamu bersyukur kepada Allah dan menjalankan perintah Allah. Maka kamu dicintai Allah yang Maha suci dan Maha Luhur dan menjadikanmu manusia yang menyayangi sesama manusia dan Allah akan menjagamu dari segala musibah dan penyakit, dan Allah akan memberimu segala hal yang akan menambahkan nikmat, seperti yang di sebutkan